6 Profesi Berpeluang Besar di Tengah Pandemi Corona #kerjadarirumah


Profesi Berpeluang Besar
Di tengah corona pandemi seperti yang terjadi sekarang, semua orang di seluruh dunia di tuntut harus bisa bekerja dari rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona. Banyak juga dari kita yang mengalami krisis ekonomi saat masa pandemi ini, malahan ada juga yang sampai harus kehilangan pekerjaan mereka.

Akibatnya banyak pihak yang merasa dirugikan dengan adanya pemberlakuan lockdown ini, dan lagi dengan ditambahnya aturan PSBB yang membuat banyak pihak merasa dirugikan. Salah satunya adalah ojek online. Tentu saja mereka merasa dirugikan, dengan adanya PSBB, sangat sedikit orderan yang masuk.

Banyak usaha, baik itu formal maupun informal yang terkena imbasnya. Berikut ini telah kami siapkan data dari beberapa perusahaan formal maupun informal dalam negeri yang terkena imbasnya covid-19.

Profesi Berpeluang Besar
Data dibuat pada sabtu (18/4) tahun 2020.

Totalnya sudah mencapai 1,9 juta orang dan 114 ribu perusahaan yang terkena imbas dari covid-19 ini. Mungkin saja jika tidak ada solusi dari pihak terkait, jumlah ini akan bertambah seiring dengan waktu. Dengan Terjadinya dampak tersebut, membuat beberapa orang migrasi menjadi penggiat pekerja online.

Namun, tidak banyak dari kita yang tau, apa yang bisa kita buat, karena sebagian dari kita juga mengaku bahwa sama sekali tidak punya skill dalam bidang tersebut. Jangan khawatir, Anda tidak memerlukan skill untuk bekerja secara online, yang ada butuhkan hanyalah tekad, laptop serta internet (karena bekerja online tentunya memerlukan koneksi dari internet).

Nah kali ini bacaberdua akan membahas profesi apa aja sih yang berpeluang besar menghasilkan yang bisa di lakukan dari rumah? Menghasilkan atau tidaknya itu juga tergantung dari kita, sejauh mana kita mengoptimalkan bisnis itu . Berikut beberapa profesi yang bisa kalian kerjakan dari rumah, mari di simak.

6 Profesi Berpeluang Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berikut ini sudah kami list beberapa pekerjaan yang bisa kalian geluti selama masa pandemi ini. Semoga bisa membantu untuk membuka pikiran anda semua.

1. Desainer Grafis

Profesi Berpeluang Besar
Profesi pertama adalah desain. Mengapa desain? Semua platform dan hal-hal di sekitar kita membutuhkan desain sebagai elemen penting pembentuk sebuah produk. Profesi desain menuntut Anda untuk mumpuni dalam mengolah suatu object hingga menghasilkan bentuk seni yang indah dan fungsional.

Kalau bekerja dari rumah, disini Anda hanya perlu fokus ke satu skill desain saja, misalkan Anda ingin fokus pada desain logo, atau ilustrasi, vector, 3d sculpture, UI/UX, Web design dan masih banyak lagi. Banyak desainer-desainer yang handal lebih memilih bekerja dari rumah ataupun studio,salah satu contohnya seperti Rio Purba.

2. Mengajar online

Profesi Berpeluang Besar
Ditengah pandemi corona, beberpa data menunjukkan bahwa platform seperti zoom, ruangguru, serta media platfotm lain mampu meraup untung yang fantastis. Nah bagi kawan-kawan yang mempunyai skill apapun seperti bernyanyi, main music, programming, atau bahkan desain, Anda bisa mengajukan diri sebagai tutor atau membuat beberapa tutorial. Selain ilmunya bermanfaat untuk orang juga dapat menghasilkan pendapatan untuk sendiri.

Untuk membuka satu kelas online teman-teman bisa membuka platform melalui website sendiri, nanti setelah cutomer membayar maka merka bisa mengakses website kelas online kita. Ataupun teman-teman bisa menggunakan platform yang sudah ada seperti zoom dan youtube, nantinya kalian perlu mengunlisted video pembelajaran dari platform tersebut sehingga nantinya orang umum tidak akan bisa menonton video yang telah kalian publish di youtube tersebut.

Jadi, Anda cukup menyediakan link dari video tersebut. Bagi Anda yang tidak mau ribet masih ada opsi lain menggunakan platform yang telah terintegrasi dengan baik dan bisa langsung membuka kelas online yang Anda inginkan.
nah bagi sobat yang sekiranya mumpuni dalam skillnya bisa di cek artikel di bawah, ada beberapa platform tempat menjual skill Anda.
https://steemit.com/indonesia/@azmie21/punya-bakat-dan-skill-ini-15-situs-yang-membantu-menyalurkan-bakat-dan-skill-dan-menghasilkan-uang 
Untuk menjadi seorang tutor online, perlu di perhatikan bahwa kualitas itu lebih penting dari pada kuantitas. Jadi jumlah kelas tidak menentukan seberapa mahir kamu dalam memberikan pengajaran. Utamakan kualitas agar Anda memiliki status yang baik sebagai tutor online.

3. Social Media Management

 Profesi Berpeluang Besar
Apa itu social media management? Jadi social media management ini kalian hanya perlu mengatur atau memanage social media dari sebuah brand yang dimiliki oleh client kalian. Disini kita dituntut untuk mengupload konten dalam social media dan mampu menarik banyak perhatian dari audiens maupun followersnya, cara branding social media client kita, serta mampu membalas setiap komentar-komentar netizen dari social media client kita. Intinya adalah bagaimana cara agar kita bisa mendongkrak usahanya melalui platform sosial media. 

Nah saat ini, pandemi corona merupakan waktu yang tepat bagi kalian untuk memulai bisnis social media management, karena semua brand tidak dapat menjual barangnya secara offline.Pekerjaan ini sangat berpeluang besar di masa pandemi ini, kalian bisa memulainya dengan melakukan optimasi terhadap bisnis orang terdekat terlebih dahulu, yang nantinya bisa kalian jadikan sebagai portofolio. 

3. Freelance Writer

 Profesi Berpeluang Besar
Kenapa freelance writer ? Menjadi seorang penulis lepas ini banyak sekali di lirik oleh para blogger, serta beberapa majalah. mengapa demikian ? sebuah web memerlukan konten berupa artikel untuk di update setiap hari guna menyambung keberlangsungan kehidupan dari web tersebut, oleh karenanya banyak web yang mengincar penulis lepas yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan akan artikel yang harus di upload.

Apalagi jasa konten pilar, yang mana ini bisa membantu sebuah blog untuk menempatkan posisinya pada page one selama bertahun-tahun. Apa itu konten pilar ? Menurut kolomsatu.com, konten pilar adalah artikel yang memiliki kelebihan lebih daripada aritkel lainnya pada sebuah blog. Konten pilar juga bisa mendatangkan banyak pengunjung setiap hari dalam jangka waktu yang panjang.

Buat anda yang ingin menggeluti karir sebagai freelancer writer ini, anda bisa memperlajari bagaimana cara membuat artikel pilar yang berkualitas. Anda bisa membuat beberapa konten terlebih dahulu untuk diri sendiri, yang mana itu bisa menjadi sebuah bukti bahwa anda pernah membuat konten pilar.


4.  Meeting Planner
 Profesi Berpeluang Besar

Alasan kami memasukkan meeting planner ke dalam list ini karena banyak sekali perusahaan di masa pandemi ini yang memerlukan pelaksanaan rapat, yang perlu melibatkan banyak orang. Namun yang jadi permasalahannya adalah, bagaimana mengatur sebuah rapat menjadi kodusif dengan menggunakan media jarak jauh. Banyak sekali instansi yang kesulitan mengatur itu semua. Maka dari itu, mereka memerlukan seorang organizer yang mampu mengatur kegiatan meeting mereka secara online dengan menggunakan beberapa platform yang sudah tersedia.

Seorang meeting planner dituntut harus bisa berkomunikasi dengan baik dan mampu merekayasa sedemikian rupa tatanan rapat suatu instansi, mulai dari waktu rapatnya, kehadiran peserta meeting, sampai mengatur giliran speaker dalam sebuah meeting. Sekilas memang terlihat seperti host pada acara ILC kan? Ya memang demikian, namun di sini kita diharuskan mampu mengendalikannya dengan kontrol jarak jauh menggunakan platform online.

Jadi, buat anda yang ingin menjadi seorang meeting planner, anda perlu memiliki koneksi yang stabil. Anda juga perlu memiliki akun premium terhadap beberapa platform penyedia online meeting seperti zoom. Karena zoom yang versi gratis memiliki batas waktu 40 menit saja. 

5. Membangun Website

 Profesi Berpeluang Besar
Tentu saja membangun website, semua orang saat ini sedang berlomba-lomba menjual produk atau jasa mereka secara online. Karena apa? Karena kita sudah dianjurkan untuk diam dirumah saja. Jadi sekarang semua bisnis memerlukan website untuk menjual produk mereka, contohnya seperti toko online. bagi anda yang mempunyai skill dalam coding, anda bisa membuat sebuah website toko online, dan gunakan beberapa platform untuk menjual jasa kalian.

Di lain hal website developer memang telah di perlukan dari dulu, dan di Indonesia masih sangat minim di temukan seorang web builder. Jadi ayolah mudi-mudi Indonesia, kembangkan skill kalian, lampaui batas diri dan tunjukkan kemampuan Indonesia di kancah Internasional.

Beberapa platform yang bisa anda gunakan sebagai tempat menjual skill anda seperti, sribulancer, freelancer.co.id, projects.co.id, sribu, 99design, dan masih banyak lagi.

6. Blogger

 Profesi Berpeluang Besar
Menjadi seorang blogger juga menjadi profesi yang sangat berpeluang saat Anda bekerja dirumah. Namun, ketekunan sangat diperlukan untuk menjadi seorang blogger. Kalian bisa menghasilkan pundi-pundi dengan menjual jasa iklan di blog, konten placement, backlinl, dan menghasilkan uang melalui adsense.

Pada awalnya menghasilkan uang melalui blog memang sedikit sulit, jika Anda tekun dalam menjalaninya, InsyaaAllah anda akan berhasil. Kalian bisa berkonsultasi dengan beberapa blogger pengalaman, beberapa dari mereka bisa memberi saran kepada Anda.

Beberapa profesi di atas memang memerlukan sedikit keahlian. Bagaimana bagi yang tidak punya skill? Apa tidak bisa bekerja?


Tentu saja kalian bisa, berikut ini akan kita share beberapa profesi yang bisa dilakukan dirumah tanpa harus memiliki skill khusus.

1. Membuka Jasa Video

Profesi Berpeluang Besar
Bagi anda yang tidak memiliki skill khusus, ini salah satu jasa yang bisa anda jual. Anda bisa menggunakan software seperti videoscribe, dan vyond. Ini merupakan beberapa layanan yang bisa memungkinkan kita untuk membuat video singkat dengan menggunakan beberapa animasi 2D yang bisa digunakan untuk promosi.

Vyond menyediakan layanan video 2D bergerak, yang bisa membuat client merasa tertarik. Jadi jasa ini bisa digunakan bagi anda sekalian yang sebelumnya tidak memiliki keahlian dalam membuat motion graphic. Videoscribe juga tidak memakan ruang yang begitu besar. Jadi buat yang ngeeluh spesifikasi laptop atau pc nya rendah, kalian bisa dengan tenang menggunakannya.

2. Editor Foto

Profesi Berpeluang Besar
Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi premium via android untuk melakukan editing. Gunakan aplikasi edit foto seperti VSCO, Adobe Lightroom, yang tidak memerlukan skill khusus untuk melakukan pengeditan. Kalian bisa menggunakan beberapa filter yang tersedia pada aplikasi edit foto tersebut.

Kalau anda fokus dalam menjalani profesi ini, kemungkinan pundi yang bisa anda hasilkan tentunya tidak sedikit. Karena untuk jasa ini sangat dibutuhkan oleh beberapa orang penggiat sosial media. Anda juga bisa membuat illusator yang unik pada aplikasi picsart, anda bisa melihat tutorialnya pada youtube.

3. Berjualan Online

Profesi Berpeluang Besar
Untuk profesi yang tidak membutuhkan skill berikutnya adalah berjualan secara online. Tidak diharuskan untuk memiliki sebuah produk. Anda bisa memanfaatkan produk tetangga ataupun saudara, jadi anda tinggal melakukan promosi ke berbagai platform penyedia untuk jualan produk anda. Dapat dikatakan ini adalah salah satu profesi yang sangat banyak di pilih.

Tidak memerlukan waktu untuk menjaga dagangan, jadi setelah memposting anda hanya perlu membagikan jualan anda ke sosial media saja dan tinggal tunggu orderan. Mempromosikannya satu kali saja tidaklah cukup, jadi anda perlu melakukan promosi beberapa kali dalam sehari.

4. Mengisi Survey

Profesi Berpeluang Besar
Dengan mengisi survey anda juga bisa juga dibayar. Sudah banyak penyedia survey yang membayar user untuk melakukan survey. Sangat tidak membutuhkan skill sama sekali kan. Anda hanya memerlukan modal berupa sebuah smartphone ataupun laptop dan koneksi internet. Jadi, buat anda yang tidak mempunyai skill pada bidang online, ini sangatlah cocok.

Survey ini biasanya dikeluarkan oleh beberapa penyedia jasa survey yang mana akan digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Selain penyedia survey, anda juga bisa mencari survey yang disediakan oleh beberapa mahasiswa yang mana survey ini digunakan untuk skripsi mahasiswa tersebut. Sebagai imbalan biasanya pembayaran dilakukan melalu dompet digital ataupun pulsa.

5. Menjual Foto

Profesi Berpeluang Besar
Anda bisa menjual foto yang pernah anda hasilkan sebelumnya ke internet. Tidak perlu haru punya skilf photography, tapi anda juga bisa mengupload semua foto yang kamu kira itu merupakan sebuah hal yang menarik. Memang saat baru melakukannya foto kita tidak ada yang membeli, tapi seiring berjalnnya waktu, foto yang kita upload pasti ada yang beli.

Intinya anda perlu konsisten dalam melakukan upload foto. Jangan mudah menyerah, mungkin usaha ini memang sedikit sulit, tapi lama-kelamaan pasti akan membuahkan hasil yang baik. Ada beberapa situs yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah Shutterstock.

6. Berbisnis Bersama Game Online

Profesi Berpeluang Besar
Buat yang tidak punya keahlian seperti desain grafis, penulis konten, pengedit foto, anda bisa mencoba membuka jasa game. Pastinya banyak dari pembaca sekalian yang sangat handal memainkan beberapa permainan. Misalkn ada beberapa permainan yang baru, kamu bisa menghabiskan waktumu dengan bermain game tersebut untuk mencapai nilai tertinggi.

Selain bermain game, anda juga bisa membuat review dari game yang baru launching. Kemudian hasil dari video yang telah dibuat tadi, diupload ke youtube dan siap untuk menhasilkan pundi-pundi uang.

7. Menjadi Afiliasi

Profesi Berpeluang Besar
Menjadi afiliasi merupakan peluang yang sangat besar bagi seorang yang ingin bekerja dirumah saja. Peluang ini juga bisa dikatakan seperti dropship. Biasanya program afiliasi ini disediakan oleh web yang bisa dikatakan besar seperti Lazada, Amazon, dan lain hal.

Sebenarnya masih banyak pekerjaan yang masih belum disebutkan. Banyak paltform yang menyediakan pekerjaan baik itu harus menggunakan skill khusus ataupun tanpa menggunakan skill khusus. Jadi, anda hanya perlu mengembangkan diri dengan mengikuti beberapa web binar ataupun menonton di youtube

Itu tadi 6 profesi yang berpeluang besar dapat mendapat penghasilan dan mampu meningkatkan perekonomian dalam masa sulit pandemi corona ini hanya dari dalam rumah #kerjadarirumah. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat terutama untuk penulis dan untuk teman- teman pembaca sekalian.


Previous Post Next Post