3 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik

Aplikasi Belajar Online


Belajar merupakan kewajiban setiap orang. Kegiatan belajar bisa menambah pengetahuan dan wawasan, serta membentuk karakter agar menjadi lebih baik. Maka dari itu, tidak ada batasan usia bagi seseorang untuk belajar.

Sekolah merupakan salah satu cara untuk belajar dan mendapatkan ilmu. Namun dibeberapa kondisi, sekolah saja masih belum cukup. Beberapa pelajar memilih mengikuti kursus atau bimbingan belajar, untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Jika ingin mengambil tambahan bimbingan tentunya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Saat saya masih sekolah, untuk mengikuti bimbingan belajar saya hampir menghabiskan 1 juta hingga 4 juta untuk melaksanakannya. Dengan biaya yang ekstra tentunya membuat keinginan belajar siswa malah menurun.

Aplikasi Belajar Online Gratis

Seiring berjalanya waktu, bimbingan belajar (bimbel) konvensional mulai berevolusi menjadi bimbel online.Bimbel online ini hadir dalam bentuk aplikasi, dan bisa diinstal di perangkat mobile seperti android dan iOS. Didalamnya, anda bisa menemukan berbagai materi pelajaran. Baik dalam bentuk buku elektronik (ebook), video, infografis, bahkan latihan mengerjakan soal.

Hadirnya aplikasi belajar online tentu sangat berguna, terutama bagi pelajar yang sedang menimba ilmu. Aplikasi semacam ini bisa memudahkan siswa untuk mengakses materi pelajaran, dimana saja dan kapan saja.

Sayangnya, rata-rata aplikasi belajar online merupakan aplikasi berbayar. Jadi, meskipun aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis, namun untuk mengakses semua materi pelajaran kita tetap harus berlangganan (berbayar).

Meski demikian, ternyata ada juga aplikasi belajar online gratis. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengakses semua materi pelajaran secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Dan berikut adalah informasi tentang Aplikasi Belajar Online Gratis.

1. BIMBEL Smart

Bagi sebagian orang, mata pelajaran Matematika dan IPA merupakan sesuatu yang menakutkan. Hal ini dikarenakan, pembahasan di kedua mata pelajaran tersebut berkaitan dengan rumus, dan terkesan sulit untuk dimengerti.

Aplikasi BIMBEL Smart hadir untuk menjawab persoalan tersebut. Dikembangkan oleh Bedigital Konektivitas Asia, BIMBEL Smart menghadirkan pembelajaran Matematika dan IPA dengan konsep yang mudah dipahami. Penjelasan di aplikasi BIMBLE Smart disampaikan melalui video yang menarik.

Untuk memaksimalkan kegiatan belajar, BIMBEL Smart juga menyediakan soal yang bisa dikerjakan. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang berencana mengikuti SBMPTN.
Berukuran sekitar 12 MB, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Playstore, dan mendapatkan ratting 4,3/5 (dari 2 ribu ulasan).

2. Rumah Belajar

Aplikasi belajar online selanjutnya, merupakan aplikasi resmi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sesuai namanya, aplikasi ini menyajikan konten pembelajaran dari mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hingga sekolah menengah atas.

Rumah Belajar menawarkan sejumlah fitur menarik. Seperti buku sekolah elektronik, sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, peta budaya, pengembangan keprofesian berkelanjutan, wahana jelajah antariksa, serta kelas digital yang memungkinkan kita untuk belajar melalui video.

Sayangnya, sosialiasi aplikasi Rumah Belajar dari pemerintah masih kurang. Maka tak heran hanya segelintir orang yang tau akan aplikasi Rumah Belajar.Padahal, aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, dan tentunya bisa diakses secara gratis.

3. Aku Pintar

Bagi anda yang hendak melanjutkan ke bangku kuliah, aplikasi Aku Pintar bisa menjadi pilihan terbaik untuk belajar. Pasalnya, selain menyajikan materi pembelajaran, Aku Pintar juga memiliki sejumlah fitur menarik yang bisa membantu calon mahasiswa.

Seperti cari kampus, car jurusan, hingga membandingkan program studi antara satu kampus dengan kampus lain.Ada juga sejumlah fitur lain seperti konseling pintar, minat pintar, belajar pintar, test pintar, dan sebagainya.

Materi pelajaran di Aku Pintar disajikan dalam bentuk video. Aplikasi ini juga menyediakan latihan soal yang dilengkapi dengan pembahasan. Ada juga soal try out SBMPTN, UN, dan PKN STAN yang bisa anda coba.Hingga saat ini, aplikasi Aku Pintar telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Playstore.



Itu adalah daftar 3 aplikasi belajar online gratis yang menurut kami dapat digunakan dengan leluasa. Jika ada beberapa rekomendasi dari anda semua, anda bisa memberi komentar pada kolom komentar, agar para pembaca bisa melihatnya melalui komentar yang anda berikan. Jika merasa bermanfaat silahkan di bagikan kepada orang lain.

Previous Post Next Post