Kalian Pilih Mana ? Ms.word atau Google Doc

word vs google doc

Microsoft office word merupakan sebuah aplikasi yang usernya cukup banyak. Di dunia pendidikan, Microsoft office word sudah sangat sering penggunaannya, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, guru dan dosen sekalipun.

Namun dibalik pengguna yang sangat banyak, Ms. word merupakan sebuah software yang memiliki lisensi berbayar, jadi untuk mendapatkan akses secara penuh, user harus membeli sebuah lisensi untuk mendapatkan akses penuh terhadap software tersebut.

Lain hal dengan Google doc. 

Apa itu Google doc ?

Google doc atau Google document merupakan web servis yang digunakan sebagai pengolah kata, sama halnya dengan Ms.word. Yang membedakan Ms.word dengan Google doc adalah Ms. word tidak perlu menggunakan internet, sedangkan Google doc harus menggunakan internet.

Namun, Google doc memudahkan penggunanya dengan mempersiapkan layanan cloud service, sehingga user tidak perlu khawatir akan penuhnya kapasitas penyimpanan.

Dengan kemudahan yang telah disediakan oleh Google doc, user tetap saja jatuh hati kepada Ms.Word. 

Mengapa hal demikian bisa terjadi?

1. Tidak banyak yang tahu

Sedikit kalangan yang mengetahui adanya Google doc ini. Karena saat laptop atau pc kalian terinstal hanya ada pilihan word saja. Padahal Google doc tidak kalah dengan word.

2. Harus ada koneksi

Sayangnya untuk menggunakan Google doc, diperlukan koneksi, hal ini yang membatasi dan membuat user lebih memilih word. Karena word tidak perlu akses internet saat dijalankan.

Walaupun kalian sering menggunakan word sebagai media kerja, tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru kan. Fitur yang tersedia di Google doc juga tidak kalah dengan fitur yang ada di Ms.word. Google doc memiliki fitur yang cukup lengkap, dan dapat membuat usernya nyaman saat menggunakannya.

Berikut adalah alasan kenapa kalian harus menggunakan Google doc.

1. Tidak perlu save

Salah satu keuntungan dalam menggunakan Google doc adalah fitur auto savenya. Anda tidak perlu khawatir lagi jika lupa save filenya.

2. Anti typo

Anda pernah mengirim sebuah file, dengan kalimat yang panjang, dan kesalahan penulisan yang cukup banyak ? Google doc dapat memecahkan masalah typo kalian tersebut. Saat ada sebuah kata yang penulisannya salah, Google doc memberi underline kata tersebut dengan warna merah, itu berarti penulisan katanya salah dan perlu diperbaiki.

word vs google doc


3. Fitur share file

Ribet saat bekerja dengan tim ? Harus share file, yang terkadang saat koneksi lemot file yang ingin dikirim sangat lama. Dengan menggunakan Google doc Anda tinggal share link saja, siapapun yang memiliki hak akses (berupa link yang dikirim) dapat mengeditnya.


Ingin memakai Google doc ? langsung saja klik http://docs.google.com/ . Jika ingin mendapatkan word resmi secara gratis? cek langsung artikelnya.


Previous Post Next Post