Belajar Coding Gratis dan Alasan Kamu Harus Bisa Ngoding

Belajar Coding Gratis dan Alasan Kamu Harus Bisa Ngoding
Belajar Coding - Sobat Bacaberdua, bisa kita perhatikan kondisi dunia saat ini, dimana semua akses yang dulunya manual telah digatikan dengan berbagai macam model teknologi yang diterapkan pada hampir setiap hal yang kita lakukan. Semua teknologi tersebut menuju pada pengetahuan kita terhadap struktur dan pondasi terciptanya teknologi tersebut, yaitu Programming. 
Programming adalah pekerjaan yang dilakukan seorang coder atau programmer. Programming sendiri merupakan sebuah pekerjaan untuk membagun sebuah program komputasi. Baik berbentuk aplikasi/software, web, bahkan hardware.

Belajar Coding Gratis dan Alasan Kamu Harus Bisa Ngoding
Contoh Code Python pada repl.it

Belajar Coding Gratis - Beberapa orang, bahkan ramai, akan memikirkan budget untuk belajar coding secara tatap muka (bootcamp). Dan atau ketika hendak memasuki masa kuliah, tidak lewat di Prodi yang berbasis teknologi/IT.

Kenapa Kamu Harus Bisa Ngoding?
  1. Dunia Kerja Sangat MembutuhkanmuMulai dari perusahaan besar hingga perusahaan terkemuka sekalipun, tenaga IT sangatlah diperlukan untuk menjaga keamanan data-data meraka. Bahkan dibeberapa sekolah (SMA/SMU) telah menerapkan Programming dalam daftar pelajaran.
  2. Mengasah Logika Lebih Tajam.
    Ketika kamu telah belajar coding, kamu akan menemui beberapa pertanyaan yang terlihat rumit, tapi penyelesainnya simpel. Perintah yang belasan baris bahkan puluhan dapat kamu selesaikan hanya dengan beberapa baris. Logika kamu akan terlatih saat kamu mulai memahami jalan perintah atau instruksi yang diberikan.
  3. Berinovasi Hal-hal Baru.
    Saat kamu mulai menyukai coding, kamu akan terus berkeyakinan akan menciptakan sesuatu yang baru. melalui ide-ide yang kamu ciptakan dari pemikiran yang tak pernah orang lain pikirkan. Inovasi ini yang akan membuat kamu terus bersemangat untuk 'ngoding'. Kamu akan terus memikirkan hal-hal aneh, yang akan membuat orang lain terkesima.
  4. Kamu akan Punya Cara Menyelesaikan Masalah.
    Setelah kamu terlatih menyelesaikan sekian banyak hal dalam proses belajar coding, kamu akan terus terlatih, dan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Melihat berbagai permasalah dengan penyelesaian yang unik melalui cara pandang yang sudah terbiasa dengan kerumitan.
  5. Kamu Bisa Bekerja Sendiri, Tanpa Menjadi Bawahan.
    Mungkin bagi kamu yang tidak suka menjadi seorang bawahan sangat cocok untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman. Setelah kamu dapat belajar dari beberapa website, aplikasi, atau bootcamp, kamu dapat membangun instansi pribadi, baik itu blog atau semacam yang menguunakan programming. Kamu dapat bekerja dirumah, menikmati suasana harum rumahmu bersama keluarga disela-sela pekerjaanmu.
Berikut beberapa Website untuk kamu yang ingin Belajar Coding Online Gratis.
  1. Codesaya.com
    Platform ini sesuai namanya, diisi dengan bahasa Indonesia. Pada platform ini, kamu akan disuguhi Python, PHP, Javascript dan Git. Setelah mempelajari topik-topiknya, kamu akan diberikan soal untuk diselesaikan.
  2. codepolitan.com
    Adalah sebuah platform belajar coding gratis yang diisi juga dengan bahasa indonesia agar kamu lebih memahami soal yang diberikan.
  3. bitdegree.org
    Web ini menyediakan banyak kursus gratis bahkan sampai game development. Ketika kamu menyelesaikan banyak tugas, kamu akan diberikan achievement sebagai bentuk penghargaan.
  4. codeacademy.com
    Platform ini sangat populer yang diperkenalkan dikalangan para coder yang mencari web gratisan. Menurut data, sudah lebih dari 24 juta orang mendaftar untuk belajar dari pengenalan hingga pemrograman tingkat lanjut. Bahasa yang ditawarkan pun cukup bervariasi.
Oke Bacaberdua lovers. Sampai disini dulu. Bagi kalian yang ingin bersaing diera Revolusi Industri 4.0, bisa dikatakan wajib untuk kamu mempelajari bahasa pemrograman. Admin udah paparin web gratis untuk kamu bisa belajar disana. Semoga Bermanfaat.
Previous Post Next Post