Cara Membersihkan Laptop Biar Lebih Awet




Bagi seorang freelancer laptop sudah menjadi bagian dari hidupnya. Tentu saja tanpa laptop kita tidak dapat bekerja. Dengan seringnya menggunakan laptop kita jarang memerhatikan kebersihan laptop kita. maka dari itu mari membersihkan laptop agar lebih awet


Walaupun kita sering membersihkan debu dari fisik laptop namun kita lupa akan kebersihan dari dalam laptop kita.



Kenapa harus membersihkan laptop ?


1. Menjaga peforma

Dengan melakukan kebersihan internal dari laptop, juga bisa membantu peforma kerja laptop menjadi lebih lancar, dan tidak tersendat atau tidak setengah setengah kerjanya. Sebelumnya ada masalah bakal menjadi aman kembali. Contohnya seperti kipas laptop, jika dibiarkan lama maka akan penuh debu dan membuat peforma kipas tidak lagi dingin dan bisa membuat laptop jadi cepat panas. jadi jangan lupa untuk bersihkan laptop kalian


2. Memperpanjang usia komponen

Karena kita rutin melakukan pengecekan pada komponen internal jadi kerusakan yang bakal dialami dapat dihindari. Jadi pengeluaran untuk mengganti komponen bisa menjadi lebih sedikit. Contohnya misalnya kita merawat procesor dengan menaruh pasta pendingin, itu bisa membuat suhu prosesor lebih stabil dan tidak mudah kepanasan, saya biasa mengganti pasta 2 bulan sekali.


3. Menambah rasa cinta

Tentu saja kalau kita udah sering melakukan pembersihan berkala kita makin cinta kepada laptop kita, kalau udah cinta mana mungkin ditinggal lagi kan. Ini juga bisa membuat umur laptop kamu jadi lebih panjang usianya. Intinya kalau melakukan pembersihan harus hati2 terhadap komponen yang sensitif ya.


Kerusakan yang sering ditemui kalau kita jarang melakukan perawatan terhadap laptop kita adalah,




1. Kinerja Laptop melambat

Karna debu yang sudah banyak membuat laptop menjadi kurang semangat untuk bekerja. Ibarat kantor kalau udah kotor ruangnya mood kita kerja bakal hilang.

2. Muncul eror

Prosesor atau ram udah mulai merengek minta ganti, karena keseringan dipake dan jadi kotor jadi membuat kinerja procesor ataupun ram tersendat sendat, seperti lama masuk halaman awal, macet saat menjalankan aplikasi, grafik mulai patah2, dan masalah lainnya.

3. Menjadi Boros

Karna jarang dibersihin jadi harus sering gonta ganti sperpart. Seharusnya user harus menyediakan waktunya setidaknya 1 bulan 2 kali lah untuk perhatikan si laptop. Dari pda kalian harus mengocek kantong hingga ratusan untuk ganti sperpart. Mending uang itu di tabung untuk ganti laptop yang baru.


Walaupun kalian melakukan pembersihan secara rutin, jangan terlalu sering mengganti pasta pada procesor, karna pasta khusus procesor itu lumayan tahan lama.




Gimana caranya untuk menjaga kebersihan laptop ? Apa yang perlu dibuat untuk bersihin laptop ?




1. Melakukan pembersihan kipas

Lepas dulu kipas dari laptop agar kalian bisa lebih mudah untuk membersihkannya. Ambil sikat gigi, bersihkan secara detail kipasnya biar bersih secara menyeluruh. Ambil air sedikit agar lebih bersih lagi, keringkan dibawah kipas saja, kalau taruh dibawah matahari takutnya bakal lapuk warnanya.


2. Melakukan pembersihan RAM

Copot RAM dari slot laptop, ambil penghapus, gosok perlahan penghapus ke pin ram dengan pelan, jangan kencang kencang nanti pin nya bisa rusak. Kalau ini gak usah dijemur dan gakusah pakai air, cukup pakai penghapus saja ya.


3. Membersihkan Layar Laptop

Nah berikutnya saya akan share  bagaimana cara membersihkan layar laptop. Kalian cukup menggunakan kain lap dan pembersih kaca. Gunakan kain lap yang bertekstur lebih halus agar layar kamu nanti tidak tegores. Kalau mau buat layar laptop lebih awet saya sarankan kalian pakai anti gores.


4. Bersihkan MOBO

Motherboardnya juga jangan lupa kalian bersihkan, jadi bukan bagian dalam saja yang nanti kinclong, tapi bagian dalamnya juga. Untuk apa dibersihkan kalau nanti gak ada yang liat ? memang gakada yang liat, tapi ada baiknya kamu bersihkan agar tidak berdebu.


5. Bersihkan apa yang penting buat kamu

Nah untuk melakukan pembersihan lainnya ( yang tidak disebutkan ) bisa kalian lakukan sesuai kebutuhan. Perlu diperhatikan body laptop itu sensitif, jadi kalian harus berhati hati dalam mebukanya, kalau ragu kalian bisa menggunakan jasa bersih laptop


Nih ada sedikit video mungkin bisa lebih memperjelas bagi teman sekalian











Mungkin ini saja sedikit tutorial cara membersihkan laptop
Previous Post Next Post