Mengenal Fiber Optik



Fiber optik pasti sudah tidak asing lagi dimasyarakat indonesia,karena pastinya sebagian indonesia sudah menggunakan fasilitas ini.Sistem fiber membuat pengiriman data menjadi lebih cepat, karena teknologi ini memiliki spesifikasi yang tinggi.Spesifikasi yang digunakan merupakan sinyal cahaya yang dikirim melalui serat optik.

Mengapa Harus Memakai Fiber Optik ?

Fiber Optik


Kenapa harus menggunakan fiber ? karena pengiriman yang lebih cepat, dikarenakan kecepatannya melebihi kecepatan listik maupun kecepatan suara.Karena fiber sendiri menggunakan sistem pengiriman berupa kecepatan cahaya.
Dimana sistem ini biasa digunakan? Biasanya yang menggunakan sistem ini merupakan daerah perumahan,perkantoran,dan sebagainya.

Manfaat Penggunaan Sistem Fiber 

Manfaat apaa saja yang bakal didapat saat kita menggunakan sistem fiber ini ? Berikut ini akan kita paparkan beberapa faktor keuntungan yang bakal didapat saat kita menggunakan fiebr.
  1. Jaringan Yang Stabil. Kemungkinan hilang sinyal pada kabel fiber ini sangatlah sedikit dikarenakan kabel yang terbuat dari cahaya.Jadi saat melakukan transmisi jaringan yang hilang hampir tidak ada.
  2. Keamanan Terjamin. Fiber ini tidak memancarakan sedikitpun sinyal, dan kemungkinan untuk terjadinya penyadapan sangatlah sedikit.Karen jika ada kabel yang disadap itu akan membuat kabel bocor dan akan membuat seluruh sistem menjadi kegagalan atau tidak dapat bekerja.
  3. Desain Yang Unik. Memiliki bagian serat yang tipis,ringan dan tahan lama, merupakan salah satu pilihan yang sangat bagus, dan bisa dijadikan sebagai pilihan jangka panjang.Sedangkan pada kabel tembaga,untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat,kita harus memilih kabel yang diameternya lebih tebal ini membuat kabel dapat memakan ruang yang sangat banyak.
  4. Bandwith. Bandwith pada kabel fiber ini bisa mencapai tingkatan 1 Gigabyte per detiknya.
  5. Tahan Terhadap Segala Kondisi. Material yang digunakan pada kabel fiber ini dapat tahan pada kondisi panas,dan kondisi yang lembap.
  6. Dan masih banyak keuntungan yang lain lagi.

Kekurangan Penggunaan Fiber  

Dibalik banyaknya manfaat yang telah di dapat dalam penggunaan fiber optik, namun masih juga terdapat kekurangan di balik penggunaan fiber, berikut akan kita paparkan kekurangan atau kerugian yang di dapat dalam penggunaan fiber.
  1. Harga Cukup Mahal. Karena material dan pembuatan kabel yang sangat sulit kabel ini dikenakan harga yang cukup mahal.Cek harga kabel fiber.
  2. Membutuhkan Bidang Datar. Walaupun lahan yang didapat berupa lahan melengkung, untuk penggunaan fiber ini haruslah menggunakan lahan datar.
  3. Kurangnya Pemahaman. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa penggunaan fiber ini masih ada loss datanya.
  4. Keahlian. Untuk memasang kabel ini diperlukan keahlian khusus, jadi haruslah seorang teknisi pada bagian itu yang memasang.

Previous Post Next Post